Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ideologi


Ideologi adalah rancangan yang tersusun didalam pikiran atau gagasan atau cita-cita yang membentuk dasar bangunan misalnya dalam teori politik atau ekonomi atau sosial kalau mengikuti apa yang tertuang dalam The Oxford guide to the English language. Atau dengan kata lain pengertian ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup kalau mengikuti apa yang tertuang dalam kamus besar bahasa Indonesia.
Lahirnya ideologi itu adalah karena adanya hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk konsep bersistem yang menjadi dasar atau asas teori yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup manusia.
·  Pengertian ideology Secara umum ideology berarti gagasan atau pemikiran yang dalam sebagai ajaran, teori, dokrin yang diwakili kebenarannya dengan disusun secara sistematis sehingga menjadi pedoman di dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 
2. Ciri-ciri ideology terbuka yaitu:
  1. nilai dan cita-cita tidak boleh dipaksakan dari luar melainkan diambil dan digali dari moral dan budaya masyarakat itu sendiri
  2. bukan berdasarkan keyakinan ideologis kelompok orang, melainkan hasil musyawarah dari consensus masyarakat tersebut
  3. nilai-nilai itu bersifat dasar dan hanya secara garis besar sehingga tidak langsung operasional

3. ciri-ciri ideology tertutup yaitu :
  1. merupakan cita-cita suatu kelompok orang untuk mengubah dan mmperbaiki masyarakat
  2. atas nama ideology dibenarkan pengorbanan-pengorbanan yang dibebankan kepada masyarakat
  3. bukan hanya berisi nilai-nilai dan cita-cita tertentu, melainkan juga tuntutan konkret dan operasional yang keras, yang ditunjukan dengan mutlak.
Ideologi adalah tidak sama dengan aqidah. Ideologi adalah hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk konsep bersistem yang menjadi dasar atau asas teori yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup manusia. Sedangkan aqidah adalah bukan lahir dari hasil pemikiran manusia, melainkan lahir karena Islam yang diturunkan oleh Allah SWT. Kemudian kalau ideologi dan aqidah dihubungkan dengan ”aali Muhammad“ atau ”ahli keluarga Muhammad”, maka anggota keluarga Rasulullah saw adalah semua umat Islam yang beraqidah Islam dan semua umat Islam yang memiliki ideologi Islam, bukan hanya sekedar keluarga yang diikat oleh tali perkawinan dan darah keturunan Rasulullah saw saja.
Hak Ideologi ada 2, yaitu :
·         Ideologi Hukum, adalah rincian dari keseluruhan orang dan masyarakat yang dapat memberikan dasar atau legitimasi bagi keberadaan lembaga-lembaga yang akan datang, system hukum atau bagian dari sistem hukum.
·         Ideologi politik adalah himpunan nilai-nilai, ide, norma-norma, kepercayaan dan keyakinan, yang dimiliki seorang atau sekelompok orang, atas dasar mana dia menentukan sikapnya terhadap kejadian dan problema politik yang dihadapinya dan yang menentukan tingkah laku politiknya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar