Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Marketing Mix 4P

Marketing Mix

Marketing Mix 4P adalah alat yang dapat digunakan untuk mempengaruhi keputusan dari calon pelanggan maupun pelanggan sehingga terjadi pencapaian target pemasaran. Kenapa dikatakan 4P? 4P tersebut sebenarnya merupakan 4 unsur yang harus dimiliki dalam prinsip bauran pemasaran. 
4 prinsip tersebut yaitu product, price, promotion dan place.
·                     Promotion
Promotion pada konsep Mix 4P mencakup :
1.                  Promosi/penjualan
2.                  Iklan
3.                  Pramuniaga
4.                  Public Relation
5.                  Direct Marketing
·                     Product
Product pada konsep Mix 4P mencakup :
1.                  Variasi Produk
2.                  Kualitas
3.                  Design
4.                  Fitur 
5.                  Merek
6.                  Kemasan
7.                  Ukuran
8.                  Layanan
9.                  Jaminan
10.              Pengembalian
·                     Price
Price pada konsep Mix 4P mencakup :
1.                  Daftar Harga
2.                  Diskon
3.                  Daya Beli
4.                  Pembayaran 
5.                  Kredit


·                     Place
Place pada konsep Mix 4P mencakup :
1.                  Jalur
2.                  Cakupan
3.                  Daftar Isi
4.                  Lokasi
5.                  Inventory
6.                  Transport 

1. Product, yang dimaksud dengan product adalah barang yang akan dipasarkan oleh perusahaan tersebut. Atau dengan kata lain dapat dikatan sebagai hasil produksi perusahaan. Sebuah produk dapat cepat dipasarkan apabila produk tersebut memiliki kualitas yang baik, keamaan yang teruji, useful atau mudah digunakan, dan eye catching (menarik).

2. Price, tentunya bila kita ingin mendapatkan barang yang berkualitas baik, kita juga ingin mendapatkan harga yang menarik, dalam arti harga sesuai dengan barang yang ditawarkan dan terjangkau oleh pembeli atau target penjualan.

3. Promotion, bila kita memiliki produk atau barang yang sudah berkualitas baik dan memenuhi standart yang sudah saya sebutkan diatas, dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas barang tersebut, tetap saja tidak cukup apabila kita tidak mempunyai promosi yang baik pula. Biasanya untuk perusahaan besar, mereka akan memasang iklan pada televisi, radio maupun koran. Tentunya biaya promosi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut sangat besar. Tapi apabila perusahaan kita merupakan perusahaan kecil atau sebut saja home industry, maka kita dapat melakukan promosi dengan biaya yang relatif murah, contohnya membuat selebaran dan menyebarkan ke masyarakat umum atau bisa juga dengan melakukan promosi melalui mulut ke mulut.

4. Place, hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan adalah tempat. Tempat untuk menjual barang produksi (produk) juga menentukan berhasil atau tidaknya target penjualan yang kita harapkan. Tempat penjualan yang strategis, mudah dijangkau serta mudah dilihat oleh orang sekitar adalah hal  yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat. Selain itu kita juga dapat modifikasi tempat tersebut sehingga terlihat menarik para pengunjung.

Untuk marketing Mix 4P yang akan digunakan sebagai contoh adalah Waterboom Lippo cikarang:

Sejarah:
Nama Waterbom muncul pada 1993 saat Waterbom Bali pertama kali dibuka untuk publik. Waterbom mendapatkan banyak perhatian dari turis domestik dan manca karena kualitasnya yang berstandar internasional. Waterbom Bali yang bercirikan pulau tropis penuh pohon kelapa, semilir angin laut yang segar dan melimpahnya air jernih menjuluki dirinya sebagai Tropical Cool.
Beranjak dari 16 tahun kesuksesan Waterbom Bali, pada tahun 2007 Waterbom Jakarta resmi dibuka. Komitmen kami tidak pernah berubah untuk selalu mejadi yang terbaik dalam pelayanan, fasilitas, desain dan estetika. Dengan tema Urban Cool, desain lansekap indahnya menawarkan atomosfir yang santai dengan wahana airnya yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Nama Waterbom kini telah diakui sebagai pemimpin dalam pelayanan, hiburan dan standarisasi yang tinggi.
Waterbom Bali akan membuat suasana liburan anda lebih hidup dengan seluncuran-seluncuran yang menegangkan, yang pelan dan santai maupun aktifitas yang seru. Jangan lupa untuk mencoba seluncuran andalan Waterbom Bali, Boomerang yang akan memacu adrenalin anda. Di Waterbom Jakarta akan anda temui The Hairpin, seluncuran mengasyikkan yang akan membuat anda berbelok, melingkar tajam dan menurun curam ke dalam kolam. Serasa rafting di udara!
Waterbom Lippo Cikarang menawarkan proses penjernihan air tingkat lanjut yang unik dan tanpa kaporit. Kualitas air kami sangat ramah lingkungan dan kesehatan manusia terutama kulit, mata dan rambut. Demi keselamatan pengunjung, seluruh lifeguard kami melewati ujian untuk mendapatkan sertifikat dan lolos uji international Safety Guard Standard. Dokter jaga yang selalu siap selama jam operasional, sistem keamanan terpadu di seluruh areal taman, parkir yang nyaman dan akses yang mudah dari jalan tol.



1. Promotion
pengelola waterboom mealakukan beberapa promosi diantaranya melalu web http://www.waterboomlippocikarang.com/profil/ . pada tampilan home terdapat 5 informasi yang di antaranya adalah: Tiket & Paket, Galeri Foto, Peta Lokasi, Peta Wahana dan Akomodasi. pada halaman ini juga terdapat label profil.


2. Produk
wahana yang ditawarkan dari waterboom lippo cikarang tidak hanya bermain air saja, diantaranya ada:
wahana prosotan











wahana tambahan spesial event
wahana outbound

3. Price
waterboom memberikan informasi harga melalui web sehingga membantu pengunjung untuk mempersiapkan biaya yang perlu di siapkan.

4. Place
Place merupakan elemen yang penting dari marketing. Untuk alamat dari  waterboom Lippo Cikarang ada di menu Peta Lokasi.

Sekian dari penjelasan saya tentang konsep marketing Mix 4P

sumber:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar