Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Teknologi Game


Pengantar Teknologi Game
Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor. Awal-awal pertumbuhan game di Indonesia belum begitu berdampak banyak terhadap minat masyarakat untuk merasakan sensasinya. Beberapa faktor diantaranya yang mungkin menjadi penyebabnya adalah, harga yang relatif mahal, belum begitu familiar dan kualitas game yang belum menarik di masa awal pertumbuhannya.
Saat ini keberadaan game di Indonesia sudah menjamur bak pasir di gurun pasir, yang sudah sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan penikmatnya seperti aspek sosial, agama, psikis bahkan sampai pola hidup. Game bekembang pesat seiring pertumbuhan teknologi yang semakin canggih, tuntutan pasar semakin tinggi dan tidak luput juga tuntutan kapitalisme memboncengi dibelakangnya.
Tidak hanya di negara barat sebagai pusat industri, kini pertumbuhan game, baik dari segi produsen maupun konsumen juga mulai merambah ke pasar pasar yang lebih luas termassuk salah satunya Indonesia.

Jenis Konsol Game

Dari zaman ke zaman terdapat perkembangan di dunia mainan ini, beberapa  diantaranya kalah bersaing lalu tenggelam, ada juga yang masih bertahan, beberapa diantaranya adalah :
Game Cube
Lebih dikenal dengan konsol game yang menonjolkan karakter yang lucu, lebih tepatnya Nitendo atau jenis mesin game yang muncul dibawah perkembangan dunia game.
PS1 dan PS2
Konsol game yang satu ini mampu memberikan visualilasi yang menarik serta mempunyai keunggulan dari segi jenis permainannya yang lebih variatif dari pada pendahulnya.

Sifat Game
Offline
Contoh-contoh yang telah disebutkan diatas, seperti nitendo ataupun playstation merupakan contoh game yang bersifat offline yang dapat dimainkan tanpa jaringan nirkabel atau mudahnya permainan ini bersifat lokal yang dengannya seseorang tidak harus membutuhkan jaringan internet
Online
Era cyberspace telah mempengaruhi perubahan disegala aspek yang salah satunya adalah pola komunikasi yang terjadidalam dunia game. Ini menjadi hal yang sangat menaik ketika seoranggamers mampu bertatap muka, bergaul, bertukar pikiran, bahkan sampai ke level bersaing.
Game Online menjadi pembicaraan hangat di awal tahun millenium, yang sejak itu telahmelahirkan generasi pecandu game di berbagai belahan dunia. Dunia game yang satu ini bersifat luas dari segi interaksi khalayak yang dimana sanggup menjadi magnet para pecandu game untuk mencoba sensasinya. Berbeda ketika disandingkan game offline yang hanya bersifat dua atau maksimal hanya sampai lima orang dalam hal game interaction.

Kekurangan dan kelebihan
Membahas mengenai dampak game tidak terlepas dari baik dan buruk, disini kita akan mebahas apa saja dampak yang ditimbulkan, sehingga kita bias menimbang-nimbang penting gak sih game untuk remaja dan anak-anak kita, langsung saja menurut penelitian dari berbagai Negara maju hasil posifnya yaitu :
1.      Memainkan video game membuat anak mengenal teknologi computer.
2.      Game dapat memberikan pelajaran dalam hal mengikuti arahan dan aturan.
3.      Beberapa game menyediakan latihan untuk pemecahan masalah dan loika.
4.      Game menyediakan latihan penggunaan saraf motorik spatial skill.
5.      Game menjadi sarana keakraban antara orang tua dan anak ketika bermain bersama.
6.      Game mengenalkan teknologi dan berbagai fiturnya.
7.       Beberapa game mampu menyediakan sarana penyembuhan untuk pasien tertentu.
8.      Game menghibur dan menyenangkan.

Banyak pilihan untuk kita pilih, dunia game menawarkan game yang menarik tetapi sejatinya merusak ataupun juga menarik tetapi tidak merusak seperti contoh game yang berjudul Harvest Moon yang mengajarkan bagaimana seseorang yang taat kepada orang tuanya, rajin bekerja, menghargai waktu, menyayangi binatang, mengajarkan arti tanggung jawab yang sangat sedikit sekali game seperti ini beredar. Contoh lain dari game yang menarik namun merusak seperti permainan yang memperlihatkan adegan pembunuhan, pelecehan seksual, ataupun pelanggaran tata tertib seperti, resident evil, GTA, 7 sins ataupun Playboy the mansion.
Dampak positif yang telah dipaparkan masih bersifat umum, darimana kita memandangnya maka persepsi itu akan lahir. Sejatinya, pemilihan game yang baik akan berdampak juga terhadap baiknya jasmani dan rohani seseorang yang memainkannya.

Konsep Game
1.         Generasi Pertama
Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT). Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope. Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.
2. Generasi Kedua
Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.
Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.
Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.Dan kini komputer bersaing dengan mesin konsol seperti PS atau Xbox. Dan komputer tidak hanya sebagai mesin untuk kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk hiburan seperti game.
Jenis Game Komputer
1. Simulasi/Virtual Reality
Simulasi adalah jenis permainan game simulasi tanpa tujuan yang pasti dari apa yang ingin dilakukan diserahkan kepada pemain.
2. Education
Education merupakan jenis permainan yang dapat digunakan pula untuk belajar para siswa yang menggunakannya.
3. Entertainment
Jenis game ini merupakan jenis game yang dapat dimainkan oleh 1 orang atau lebih .
4. User
Game ini tidak hanya untuk anak-anak saja namun game ini jg banya dimainkan oleh orang remaja dan dewasa .
Pernah gak main game ? Hampir semua orang di dunia pernah merasakan bagaimana rasanya bermain game. Apalagi game dengan gameplay yang seru seperti Mario Bros, Bomberman, GTA, dll. Tapi tahukah anda, ternyata ada 5 Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat game. Tentunya juga akan menambah kreativitas kita juga dan bisa digunakan untuk ajang mencari duit. Setelah menjelajahi google, ini adalah 5 Aplikasi Pembuat Game Terbaik yang sebagian pake scripting tapi juga ada yang tidak perlu memakai script.

Game Maker

Game maker Merupakan aplikasi pembuat game paling populer karena bukan hanya enteng tapi aplikasi ini tidak membutuhkan pengkodean atau scripting yang membuat pusing. Aplikasi ini juga bisa ditambah script untuk pengguna tingkat lanjut. Untuk pemula, aplikasi ini memberikan tutorial disamping dan bisa anda ikuti. Membuat game disini enteng aja yang penting hanyalah kreatifitas.

Unity 3D
Aplikasi ini juga bisa dikatakan aplikasi pembuat game yang paling populer tapi beda jurusan sama Game Maker. Bila Game Maker untuk pembuat game yang tidak bisa scripting maka Unity 3D untuk pembuat game yang sudah mahir. Keuntungan ialah gamenya bergrafis bagus dan gameplaynya pasti cetar membahana tapi sayang, aplikasi ini membutuhkan script yang tentu saja repot.

RPG Maker VX
Aplikasi ini digunakan untuk membuat game bergenre RPG seperti harvest moon, digimon, dan sebagainya. Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat game berukuran kecil dan juga bisa untuk menambah kreatifitas. Tidak perlu takut karena aplikasi ini tidak membutuhkan scripting tapi aplikasi ini akan semakin menarik bila ditambah script. Sayang, aplikasi ini tidak bisa diubah wajah karakternya sehingga wajahnya tetap dan tak bisa diubah.

FPS Creator
Bila anda ingin membuat game seperti Point Blank, Counter Strike, Call of Duty, dll maka anda cocok memakai aplikasi ini karena memang dikhususkan untuk membuat game bergenre FPS ( First Person Shooter ). Sayang, grafiknya tidak sebagus game FPS yang populer tetapi bila anda kreatif, gameplaynya bisa mengalahkan grafik.

Adventure Maker

Bila anda masih kurang pintar dalam mengolah kode/script dalam game, maka aplikasi ini cocok buat anda. Hanya dengan membuat gambar kemudian memasukkan ke aplikasi ini maka anda bisa membuat game dengan mutu tinggi tergantung dari seberapa tinggi kreativitas anda. Aplikasi ini juga bisa membuat game yang cocok untuk platform PSP, Iphone, dll.

Sumber :




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar