Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Halaman

cara kerja flasdik


CARA KERJA FLASDISK
Hampir semua pengguna computer di dunia tau dengan alat penyimpanan yang disebut falsdisk, tapi apa pernahkah kita memikirkan bagaimana cara kerja flasdisk jika kita ingin memindahkan file dari pc atau laptop ke flasdik,berikut bagian-bagian fladisk dan cara kerjanya :

1. Konektor
Konektor USB berfungsi untuk menghubungkan USB Flash Disk dengan komputer melalui sebuah port USB atau USB Hub. Karena posisi konektor di luar dan sering bersentuhan dengan komputer, maka konektor USB sering mengalami kerusakan seperti karat, patah dan kotor.
2. Board
Board atau lebih tepat disebut Printed Circuit Board (PCB) berfungsi sebagai tempat seluruh komponen elektronik USB Flash Disk dipasang. Ukuran board yang makin kecil memungkinkan ukuran USB Flash Disk menjadi semakin kecil.
3. Osilator Kristal
Osilator Kristal berfungsi untuk menghasilkan clock (denyut listrik) dengan frekuensi 12Mhz. Semua komponen elektronik digital membutuhkan clock generator seperti osilator kristal supaya bisa bekerja dengan perangkat lainnya. Clock yang dihasilkan oleh osilator kristal juga digunakan oleh USB Flash Disk untuk kirim dan terima data ke komputer.
4. Kontroler (USB Mass Storage Controller)
Kontroler ini pada dasarnya sebuah mikrokontroller yang memiliki ROM dan RAM untuk memproses perintah dari komputer host dan mengatur flash memory untuk menyimpan data. Mirip seperti mikroprosesor sebuah komputer, tapi dengan fungsi lebih spesifik. Kontroler ini juga yang bertugas memberitahu komputer host bahwa device yang tersambung adalah sebuah USB Flash Disk.
5. Flash Memory
Flash memory berfungsi untuk menyimpan data. Pada umumnya menggunakan NAND Flash memory. Istilah Flash Memory muncul dari penciptanya, Dr. Fujio Masuoka karena data di dalam memory tersebut bisa dihapus secepat kilat, seperti lampu blitz dari kamera. Makin banyak proses tulis dan hapus, kemampuan Flash Memory makin lemah. Penemuan teknologi Flash Memory ini yang melahirkan produk USB Flash Disk.

Dari penjelasan bagian-bagian flasdisk diatas dapat kita jelaskan :
Kita masukan konektor flasdik kedalam lubang port computer, selanjutnya computer akan membaca board atau lebih tepat disebut Printed Circuit Board (PCB) berfungsi sebagai tempat seluruh komponen elektronik USB Flash Disk dipasang kemudian bagian Kontroler yang berada pada flasdisk akan memsan tempat sesuai dengan besar kapasitas memori yang dibutuhkan. hal ini pada dasarnya sama dengan sebuah mikrokontroller yang memiliki ROM dan RAM untuk memproses perintah dari komputer host dan mengatur flash memory untuk menyimpan data

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar